Sejarah Kecamatan Terisi

Jawa Barat Indonesia, Kecamatan Terisi merupakan pemekaran dari Kecamatan Cikedung (berdasarkan ketentuan PERDA Kabupaten Indramayu No. 19 Tahun 2002 tentang Penataan dan Pembentukan Lembaga Perangkat Daerah Kabupaten Indramayu) dengan luas wilayah 174,22 Km² terdiri dari 9 (sembilan) Desa yaitu : Cibereng, Karangasem, Rajasinga, Kendayakan, Manggungan, Plosokerep, Jatimulya, Jatimunggul dan Cikawung, dengan Pusat Pemerintahan di desa Rajasinga, hampir seluruh kantor pemerintahan (kantor Camat, Koramil, Polsek, Kantor Urusan Agama) berada di desa tersebut. Urutan Camat Terisi pertama sampai dengan sekarang 2017 adalah :
1. Drs. H. Jajang Sudrajat (2003-2005)
2. Drs. Welly Kuswaluyo (2005-2009)
3. Akhmad Santoso, SE (2009-2015)
4. Drs. H. Achmad Mansyur, M.Si (2015- sekarang)

Geografis Kecamatan Terisi berada di bagian Utara Pulau Jawa, sekitar 30 KM disebelah Barat Daya Kota Indramayu, koordinat Terisi pada 6 derajat 35′-6 derajat 39′ Lintang Selatan dan 107 derajat 51′-107 derajat 54′ Bujur Timur, secara Topografis keseluruhan wilayah Terisi berada di Dataran rendah dengan ketinggian 0-100 m Dari Permukaan Laut yang dilewati oleh aliran Sungai Cipanas dengan curah hujan pada Tahun 2009 adalah 1.096,2 mm/tahun.

Batas wilayah Administratif Kecamatan Terisi sbb :
– Utara Kecamatan Losarang.
– Selatan Kecamatan Gantar, Kab. Sumedang.
– Barat Kecamatan Kroya, Gabuswetan dan Kandanghaur.
– Timur Kecamatan Cikedung.

Mata pencaharian masyarakat Kecamatan Terisi sebagian besar adalah bertani dan berniaga, diikuti sebagai Pegawai/Karyawan dan Industri Kecil, intensitas perdagangan di Terisi merupakan salah satu yang terbesar di Kabupaten Indramayu bersama Jatibarang, Haurgeulis dan Karangampel, pusat perekonomian terdapat di pasar terisi desa karangasem, di desa ini selain pasar tradisional juga ada lebih dari 3 mini market dan ditunjang pula dengan keberadaan lembaga Perbankan.
Produk unggulan sektor usaha masyarakat Kecamatan Terisi saat ini adalah Penjualan Bata Merah, yang tidak hanya untuk lingkungan setempat, namun sudah dipasarkan sampai ke kota-kota lain.
Selain itu Areal Hutan Produksi milik Perum Perhutani yang terletak di Desa Jatimunggul dan Cikawung dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat dalam bertani, berkebun dan beternak. Adapun hasil produksi unggulan dari hasil hutan produktif adalah Minyak Kayu Putih (pabrik penyulingan minyak kayu putih terletak di Desa Jatimunggul) dan Kayu Jati.
Demikian sejarah singkat Pemekaran Kecamatan Terisi, semoga bermanfaat.